3 Cara Melamar Kerja Tukang Sapu Jalanan Terbaru 2022

Profesi tukang sapu jalanan sekilas terlihat sepele dan dipandang sebelah mata. Namun siapa sangka ternyata pekerjaan tersebut berada dalam ruang lingkup Dinas Lingkungan Hidup atau Dinas Kebersihan setempat yang tentunya memiliki prospek jangka panjang.

Selain prospek jangka panjang, profesi tukang sapu jalanan juga minim resiko, sangat jarang sekali terjadi PHK atau pemberhentian kerja. Oleh karena itu, tak heran banyak orang yang mencari tahu bagainana cara melamar kerja menjadi tukang sapu jalanan. Mungkin kamu salah satu dari sekian banyak orang tersebut.

Dengan melamar menjadi petugas kebersihan, seiring berjalannya waktu kamu memiliki kesempatan untuk menjadi PPPK atau bahkan PNS. Namun tentunya itu kembali lagi kepada kebijakan Pemerintah setempat.

Dari segi penghasilan, tukang sapu jalanan ini memiliki gaji yang cukup besar terutama pada daerah daerah kota besar. Rentang gajinya mencapai 1 - 4 Juta Rupiah. Untuk daerah Surabaya misalnya, dikutip dari situs kabarsurabaya.org bahwa penghasilan tukang sapu jalanan mencapai 4,6 Juta Rupiah. Waw, cukup besar bukan?

Lantas bagaimana cara melamar kerja menjadi tukang sapu jalanan? Berikut penjelasannya.

Cara Melamar Kerja Tukang Sapu Jalanan

Cara Melamar Kerja Tukang Sapu Jalanan

Cara melamar kerja tukang sapu jalanan adalah hal yang cukup mudah, persyaratan yang diberikan pun tidak terlalu sulit. Pada sebagian wilayah para pendaftar setidaknya harus memiliki Ijasah minimal SMA/SMK/Sederajat, namun tentunya bisa saja pada daerah lain hanya mensyaratkan minimal Ijasah SMP/Sederajat bahkan tanpa Ijasah.

Sekali lagi saya ingatkan persyaratan tersebut tentunya kembali lagi kepada Intansi daerah terkait. Lantas bagaimana cara melamar menjadi tukang sapu jalanan atau petugas kebersihan?

1. Cari Informasi Lowongan Pekerjaan Tukang Sapu Jalanan

Langkah pertama untuk melamar pekerjaan menjadi tukang sapu jalanan adalah dengan mencari informasi lowongan kerja petugas kebersihan jalan raya baik itu melalui Internet, akun sosial media Dinas terkait maupun datang ke kantornya secara langsung. Alangkah lebih baik lagi kalau kamu memiliki teman yang berprofesi sebagai petugas kebersihan jalan raya.

Seperti kebanyakan lowongan tenaga honorer pada intansi Pemerintahan, bisanya rekrutmen tersebut tidak diumumkan secara luas. Maka dari itu silahkan cari kenalan / teman yang bekerja pada lingkup intansi tersebut.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja menjadi tukang sapu jalanan yaitu dengan menemui para petugas kebersihan secara langsung di jalanan. Silahkan kamu tanyakan hal-hal terkait tentang profesi tersebut. 

2. Siapkan Persyaratan

Setelah lowongan / rekrutmen didapat maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan. Umumnya, syarat yang diperlukan tidak terlalu sulit untuk disiapkan. 

Kuncinya adalah pahami dengan seksama setiap item-item persyaratan yang harus disiapkan. Misalnya seperti Surat lamaran, Ijasah, SKCK, Surat Kesehatan dan sebagainya. Ingat ya sob, Jangan sampai ada persyaratan yang terlewat atau tertinggal. Sebagai referensi, silahkan sobat lihat contoh surat lamaran kerja dari blog pendidikan.

3. Datangi atau Hubungi Kantor Dinas Terkait

Untuk memastikan lowongan kerja atau rekrutmen yang kamu dapat adalah valid / benar, saya sarankan untuk datang menghubungi Dinas Terkait untuk menanyakan tentang validitas loker tersebut. Kamu bisa datang secara langsung jika memang lokasinya dekat dengan kediamanmu atau bisa juga menghubunginya melalui nomor telepon Intansi tersebut.

Penutup

Itulah uraian singkat mengenai cara melamar kerja tukang sapu jalanan saya bagikan. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan pencerahan dan solusi bagi teman-teman semua yang berminat untuk melamar kerja menjadi petugas kebersihan jalan raya.

Admin Teknozan.net

Post a Comment