Arti Geuning dalam Bahasa Sunda, Simak Artinya

Apa arti Geuning? Kata Geuning apabila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya adalah Ternyata. Namun pada kondisi tertentu...
Arti Geuningan Bahasa Sunda

Arti Geuning dalam Bahasa Sunda - Bagi anda yang sedang belajar Bahasa Sunda atau memiliki teman/kerabat orang sunda, pastinya seringkali mengalami kebingungan dalam memahami arti sebuah kata tertentu yang diucapkan. Misalnya kata "Gening" yang kita bahas saat ini.

Minimnya fasilitas terjemahan di Internet, pastinya membuat anda kebingungan dalam mencari jawaban mana yang tepat dan sesuai artinya. Bahkan, seringkali ditemui jawaban yang tidak sesuai atau kurang relevan dengan arti sebenarnya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Apa arti kata "Geuning" Bahasa Sunda dalam Bahasa Indonesia.

Berikut penjelasan beserta contoh penggunaannya dalam kalimat. Simak sampai selesai ya..

Kata Geuning artinya adalah Ternyata

Namun pada kondisi tertentu, kata "geuning" ini menjadi penegasan tentang suatu hal. Selain itu, kata ini juga biasanya melekat dengan perasaan kaget.

Agar lebih jelas silahkan simak beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat.

  • Geuning Putrana pa ujang teh kasep. (Ternyata Anak laki-lakinya pak ujang ganteng).
  • Man, inget jelema anu kamari teu? Anu make baju hideung geuning! (Man, ingat orang yang kemarin gak? itu loh yang pake baju hitam!)
  • Geuning si udin teh jago Basa Inggris. (Ternyata si udin jago bahasa inggris)

Kesimpulan: Kata Geuning memiliki arti Ternyata, namun terkadang memiliki arti penegasan (itu loh) pada konteks tertentu. Biasanya dalam penggunaan kata ini dibarengi dengan ekspresi/perasaan kaget. Tapi tingkat kekagetannya masih standar, bukan hal yang luar biasa.