Kumaha Sia Artinya | Bahasa Sunda

Arti kata Kumaha sia weh dalam bahasa sunda atau ada juga yang bertanya kumaha sia weh artinya apa?. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya

Arti Kumaha Sia Weh

Arti Kumaha Sia dalam Bahasa Sunda -Tentunya anda yang sedang belajar bahasa sunda atau memiliki teman/kerabat orang sunda akan sering mengalami kebingungan dalam memahami arti kata yang mereka ucapkan. Ambil contoh, kata "Kumaha Sia Weh" atau "Kumaha Sia We Lah".

Sudah pasti jika anda bukan orang sunda dan sangat awam dalam bahasa, anda tidak akan mengerti apa maksud dari kalimat tersebut. Maka dari itu akan saya coba jelaskan maknanya sesederhana mungkin agar mudah dipahami.

Kurangnya opsi terjemahan online dapat membingungkan Anda dalam menemukan jawaban dan makna yang tepat dari kata "Kumaha Sia Weh". Seringkali, jawaban-jawaban yang ditemukan tidak sesuai atau kurang tepat dengan arti kata yang sebenarnya.

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan apa arti kata 'Kumaha Sia Weh' dalam bahasa Sunda ke bahasa Indonesia.

Kumaha Sia Artinya ?

Untuk mengatakan kata terserah dengan bahasa halus, bisa menggunakan kata "Teu Langkung". Ini merupakan kata yang sopan dan universal, bisa digunakan ketika berkomunikasi dengan segala rentang usia.Kata Kumaha Sia Weh jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia memiliki arti Terserah Kamu Aja. Namun perlu digarisbawahi, kata ini merupakan kata kasar dan biasanya digunakan kepada sahabat yang sudah sangat akrab. Jadi, sangat tidak dianjurkan untuk diucapkan kepada orang selain itu.

Jadi, hati-hati ya guys! Jangan sekali-kali menggunakan kata Kumaha Sia Weh ke orang yang belum akrab maupun orang tua.

Perlu diperhatikan: Terkadang kata Kumaha Sia sering disingkat menjadi Kumsi

Contoh Kalimat

Kumaha Sia Weh, aing mah geus lieur. (Teserah kamu aja, Aku sudah pusing).

Catatan: Makna kata "pusing" disini bukan bermakna "sakit", tapi sudah lelah cape berfikir.

Kesimpulan

Kata Kumaha Sia Weh memiliki arti Terserah kamu aja, namun kata tersebut bersifat kasar. Biasanya kata ini hanya diucapkan kepada sahabat yang memang sudah sangat akrab saja. 

Gunakan Kata "Teu Langkung" untuk mengucapkan kata terserah dalam bahasa sunda halus. Kata ini bisa diucapkan kepada semua jenjang usia.