Arti Ipekah Nikah dalam Pernikahan

Banyak yang belum mengetahui apa itu arti ipekah dalam pernikahan juga berapa biaya ipekah nikah. Simak penjelasan lengkapnya disini.

Ipekah Artinya

Apa itu Ipekah dalam Pernikahan? - Sebagai orang sunda yang kebetulan juga beragama muslim, pernah suatu masa saya merasa bingung dan penasaran dengan arti kata ipekah

Bagaimana tidak, ketika sedang bercanda ria bersama kerabat, mereka kerap kali membahas kata tersebut.

Rasa penasaran pun mulai mengganggu pikiran dan juga cukup mengganjal di hati. Ingin rasanya bertanya secara langsung, namun rasa malu menghalangi semuanya.

Yang saya tahu, kata ipekah ini memiliki hubungan erat dengan pernikahan. Namun tetap saja, saya tidak benar-benar yakin dengan apa yang ada didalam pikiran.

Menurut hemat saya, pasti ada sebagian diantara pembaca artikel ini juga sedang mengalami hal serupa, yakni merasa penasaran tentang apa itu ipekah dalam pernikahan. 

Tapi tenang saja, saya sudah mempelajari dan mengetahui makna kata ipekah secara umum. Jadi akan saya coba bagikan dan ungkapkan pada tulisan sederhana ini.

Perlu digarisbawahi, uraian yang akan saya sampaikan berikut ini adalah murni pemahaman saya pribadi yang tentunya bisa saja terdapat kekeliruan. 

Lantas apakah arti ipekah itu? berikut penjelasannya.

Pengertian dan Arti Ipekah Nikah

Kata ipekah ini sangat umum digunakan dikalangan orang sunda. Namun saya tidak tahu pasti apakah di daerah lain juga menggunakan kata tersebut atau tidak. 

Secara singkat, kata ipekah artinya adalah biaya nikah atau ongkos nikah.

Dengan kata lain, ipekah adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh calon pengantin untuk mengurus pencatatan mulai pendaftaran hingga penerbitan buku nikah melalui Kantor Urusan Agama (KUA). 

Jadi ipekah ini merupakan biaya administrasi yang telah diatur oleh pemerintah. Adapun beberapa dasar penetapan biaya nikah sendiri telah diatur dalam:

  • Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2004 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Departemen Agama. 
  • PP No. 59 Tahun 2018 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Agama.

Biaya Ipekah

Setelah mengetahui arti kata ipekah alangkah lebih baiknya kita juga mengetahui berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin melakukan pernikahan.

Perlu dicatat, biaya yang dimaksud disini adalah biaya yang dibayarkan untuk mengurus pencatatan mulai dari pendaftaran sampai penerbitan buku nikah, tidak termasuk biaya lainnya seperti catering, gedung dan sebagainya.

Lantas berapa besaran biaya pernikahan saat ini?

Secara garis besar ipekah atau ongkos nikah terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Pernikahan dilakukan di Kantor KUA dan dalam jam kerja, maka biayanya adalah gratis alias nol rupiah.
  • Pernikahan dilakukan diluar KUA (gedung, rumah atau tempat lain) dan diluar jam kerja, maka biaya yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp. 600.000.

Jadi gimana nih sob, sekarang sudah tahu kan apa arti kata ipekah dan berapa besaran biayanya? Saya rasa sudah cukup jelas ya. Silahkan bagi yang jomblo cari pasangan dahulu, dan bagi yang sudah ada calon silahkan main-main ke KUA terdekat untuk berkonsultasi.

Kesimpulan

Kata Ipekah  dalam arti singkat adalah biaya nikah. Sedangkan dalam arti luas bisa dikatakan sebagai biaya untuk proses pencatatan mulai dari pendaftaran hingga terbit buku nikah. 

Jadi kapan nih sob mau main ke KUA?

Admin Teknozan.net

Post a Comment