Buat Tulisan Jepang dari Nama Sendiri : Ubah & Translate (Hiragana, Katakana, Kanji)

Cara membuat tulisan jepang dari nama sendiri, menulis nama dengan / dalam huruf bahasa jepang, Translate Ubah Nama ke Tulisan Kanji Jepang Katakana.
Tulisan Jepang Nama Sendiri

Ingin tahu cara membuat tulisan jepang nama sendiri? mudah banget kok. Silahkan baca artikel ini sampai selesai. 

Pada artikel ini telah saya sediakan tool untuk mengubah nama kedalam huruf Jepang secara otomatis dan manual. Silahkan sobat pilih mana saja sesuai keinginan.

Menulis Nama dengan Huruf Jepang

Menulis nama dengan huruf Jepang sangatlah mudah, dengan syarat telah mengetahui huruf alfabet Jepang baik itu Hiragana, Katakana maupun Kanji. Tentunya hal tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang memang serius dan memiliki dasar pengetahuan Bahasa Jepang.

Bagi yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang Bahasa Jepang tidak perlu khawatir, karena saat ini telah tersedia tool online yang dapat mengubah nama kedalam huruf Jepang secara instan. Hanya dengan menuliskan nama dalam huruf latin (Indonesia) maka tool tersebut secara otomatis akan mengubahnya kedalam huruf Jepang. 

Nah, pada artikel ini saya akan membagikan 2 cara ubah / translate nama Indonesia kedalam huruf Jepang. Cara pertama yaitu menggunakan tool online otomatis dan cara kedua yaitu dengan menuliskannya secara manual.

Bagi yang tidak punya banyak waktu dan hanya iseng, silahkan pilih tool online saja. Untuk cara menulis secara manual khusus saya sediakan bagi sobat yang memang tertarik mempelajari huruf jepang serta memiliki banyak waktu luang.

Hal yang harus diperhatikan

Namun sebelum masuk ke pembahasan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengubah nama latin menjadi huruf jepang, diantaranya:

  • Untuk menulis kosakata yang bukan asli Jepang biasanya menggunakan huruf Katakana.
  • Hiragana digunakan untuk menulis kosakata asli Jepang saja.
  • Nama harus disesuaikan terlebih dahulu dengan pelafalan Bahasa Jepang. Misalnya Asep, maka ditulisnya menjadi Asepu; Haris menjadi Harisu. Agar lebih jelas silahkan lihat penjelasan berikut.

Dilansir dari ondehmandeh-japan.com berikut adalah daftar perubahan huruf konsonan dalam akhir suku kata huruf Katakana.

“Q” berubah menjadi ク(ku)
 Contoh: Haq→ハク(haku)
“D” berubah menjadi ド(do)
 Contoh: Muhammad→ムハンマド(Muhanmado)
  Andre→アンドレ(Andore)
“S” berubah menjadi ス(su)
 Contoh: Mis→ミス(misu)
“R” atau “L” berubah menjadi ル(ru)
 Contoh: Nur→ヌル(Nuru)
         Daniel→ダニエル(Danieru)
“T” berubah menjadi ト(to)
 Contoh: Matt→マット(Matto)
“X” berubah menjadi クス(kusu)
 Contoh: Alex→アレックス(Arekkusu)
“P” berubah menjadi プ(pu)
 Contoh: Asep→アセプ(Asepu)

Tabel Revised Katakana

Sebagai tambahan, berikut adalah tabel Huruf Katakana yang saya kutip dari ondemandeh-japan.com yang merupakan versi Revised sehingga dapat memudahkan dalam pelafalan Bahasa Indonesia.

 
a

i

u

e

o
k
ka

ki

ku

ke

ko
g
ga

gi

gu

ge

go
ky キャ
kya

ki
キュ
kyu

ke
キョ
kyo
s
sa

shi

su

se

so
z
za

zi

zu

ze

zo
sh シャ
sha

shi
シュ
shu
シェ
she
ショ
sho
j ジャ
ja

ji
ジュ
ju
ジェ
je
ジョ
jo
t
ta
ティ
ti

chi
トゥ
tu

tsu

te

to
ch チャ
cha

chi
チュ
chu
チェ
che
チョ
cho
d
da
ディ
di
ドゥ
du

de

do
n
(ン:n)

na

ni

nu

ne

no
h
ha

hi

hu

he

ho
f / v ファ
fa/va
フィ
fi/vi

fu
フェ
fe/ve
フォ
fo/vo
b
ba

bi

bu

be

bo
p
pa

pi

pu

pe

po
m
ma

mi

mu

me

mo
y
ya

yi

yu
イェ
ye

yo
r / l
ra/la

ri/li

ru/lu

re/le

ro/lo
w
wa
ウィ
wi

wu
ウェ
we
ウォ
wo

Dengan melihat tabel diatas tentunya akan mempermudah kita dalam mengubah pelafalan nama Indo menjadi pelafalan Bahasa Jepang.

Ubah Nama ke Tulisan Jepang Katakana

Cara menulis nama dalam Bahasa Jepang Katakana kini sangatlah mudah, hanya menggunakan tool berikut maka nama versi jepangmu akan muncul secara otomatis.


Silahkan masukkan nama kamu sesuai ejaan/pelafalan Bahasa Jepang.

Gimana mudah bukan? pastinya dong!

Bagi yang ingin mengubah nama secara manual, silahkan anda baca kembali penjelasan diatas tentang cara mengubah pelafalan nama kedalam Bahasa Jepang. Garis besarnya adalah sebagai berikut.

  1. Tuliskan namamu dalam pelafalan Indonesia
  2. Ubah nama kedalam pelafalan Jepang, yaitu menyesuaikan dengan huruf Katakana yang tersedia
  3. Pelajari juga tentang perubahan huruf konsonan pada akhir suku kata
  4. Tuliskan namamu sesuai pelafalan Jepang dan tentunya menggunakan susunan huruf katakana yang tersedia. Bisa ditulis pada media kertas maupun dengan menggunakan Keyboard Katakana pada ponsel.

Sama halnya dengan mengubah nama kedalam huruf korea, kita harus mengubah terlebih dahulu pelafalannya. Bagi yang ingin mencoba Tool untuk mengubah nama menjadi huruf korea bisa klik disini.

Ubah Nama ke Kanji Jepang

Cara ubah nama ke Kanji Jepang pada dasarnya sama seperti mengubah nama ke tulisan Jepang Katakana, yaitu merubah pelafalan nama menjadi huruf kanji jepang. Namun sayangnya huruf kanji sangat kompleks dan membingungkan, berbeda sekali dengan katakana yang tergolong sederhana.

Perlu diketahui, jika kamu mengubah nama kamu kedalam huruf kanji maka hasilnya bisa bervariasi/ tak hanya satu bentuk saja. Bagi yang ingin mencobanya silahkan masukkan nama kamu pada kolom berikut!



Ubah dahulu namamu kedalam pelafalan Jepang atau bisa juga mengunjungi situs ini untuk mengubah nama kamu ke huruf kanji tanpa mengubah pelafalan.

Translate Nama ke Tulisan Jepang

Berdasarkan hasil penelusuran ternyata ada banyak orang yang mencari cara translate nama ke Tulisan Jepang yang mungkin maksudnya adalah cara mengubah nama Indonesia kedalam huruf Jepang. Atas dasar demikianlah artikel sederhana ini dibuat.

Untuk mempertegas kembali apa yang telah saya jelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa untuk menulis kosakata yang bukan berasal dari jepang asli maka harus menggunakan huruf katakana.

Untuk mengubah atau translate nama latin kedalam tulisan katakana Jepang silahkan gunakan tool ini.

Nama dalam Bahasa Jepang

Membuat Tulisan Jepang dari Nama Sendiri ternyata cukup mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi sekarang telah tersedia tool yang secara otomatis dapat mengubah nama latin menjadi huruf katakana, hiragana maupun kanji.

Artikel ini saya persembahkan untuk sobat yang ingin mengubah namanya kedalam nama Jepang namun merasa kebingungan dan tidak tahu cara melakukannya. Jika ada yang kurang jelas sehingga sulit dimengerti, silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Terima Kasih.