Arti Kadeudeuh dan Kanyaah dalam Bahasa Sunda

Halo sobat semua, pasti lagi nyari referensi ya tentang arti kanyaah atau kadeudeuh dalam Bahasa Sunda? tenang sob akan saya bantu jelaskan nanti sedetil mungkin beserta contoh penggunaannya.

Tapi sebelumnya saya ingin bertanya, darimana kah sobat bisa mengetahui kedua kata tersebut? dari sosial media kah? atau mungkin sobat dapat pesan tersebut dari gebetan? ehm.. silahkan tuliskan pada kolom komentar ya.

Bagi saya yang merupakan orang sunda tulen kedua kata tersebut sangat sering saya temui entah dalam lirik lagu, puisi, pesan WA mantan dan bahkan pada obrolan sehari-hari. 

Namun saya yakin bagi sobat yang bukan orang sunda atau mungkin turunan sunda yang tinggal di kota besar ada sebagian yang belum mengetahui arti dan makna dari kedua kata tersebut.

Oleh karena itu, diwaktu sore yang mendung ini dan dengan ditemani segelas kopi, saya akan berbagi pengetahuan saya kepada sobat semua.

Disklaimer ya, saya akan menjelaskan arti kata kanyaah dan kadeudeuh menurut versi saya dan tidak mengacu pada referensi apa pun, sehingga pernedaan pendapat mungkin terjadi.

Oke sob, biar gak melebar kemana-mana yuk masuk ke pambahsannya.

Arti Kata Kadeudeuh dan Kanyaah

Arti Kadeudeuh dan Kanyaah

Sebelum saya bahas pengertiannya, perlu sobat ketahui kata kadeudeuh dan kanyaah sebenarnya memiliki arti yang sama. Terus artinya apa dong min?

Kata kadeudeuh artinya adalah kesayangan.

Kata kanyaah pun juga sama artinya adalah kesayangan.

Namun pada beberapa konteks arti dari keduanya bisa berarti sayang atau rasa sayang.

Loh kok bisa sama min artinya? ya begitulah faktanya. Ada banyak sekali kata dalam Bahasa Sunda yang ternyata memiliki satu arti. Ini erat kaitannya dengan undak unduk basa atau tatakrama dalam Bahasa Sunda (halus - kasar).

Misalnya kata makan, bahasa sundanya bisa emam, tuang, ngaleueut, ngopi, nyatu, lelebok, jajablog, hakan, teuteureuy dan lain sebagainya.

Nah, karena itu dalam berbicara bahasa sunda tidak boleh sembarangan ya sob, karena bisa saja kata yang sobat sebutkan itu bermakna sangat kasar sehingga dianggap tidak sopan.

Memang terkadang kalau sobat punya teman orang sunda biasanya suka iseng dan mengajarkan bahasa yang naudzubillah artinya hehe. Jadi crosscheck dulu ya sob, apalagi kalau sobat dapat kata tersebut dari teman akrab sobat.

Balik lagi ke bahasan, kata kanyaah atau kadeudeuh ini sering digunakan pada lagu lagu sunda, kemudian sering juga digunakan oleh para muda mudi yang kasmaran atau pasangan suami istri ketika saling mengirim pesan.

Catatan: kata kadeudeuh kata dasarnya adalah deudeuh, dan kata kanyaah kata dasarnya adalah nyaah. Keduanya memiliki arti "sayang".

Contoh Kalimat

Supaya sobat semua lebih paham, akan saya berikan beberapa contoh penggunaan dari kedua kata tersebut.

Duh, Kadeudeuhna aa nuju naon?
Artinya: Duh, kesayangannya aku lagi apa?

Wilujeng enjing kanyaahna bapa.
Artinya: Selamat pagi kesayangannya ayah.

Kanyaah urang mah moal luntur nepika iraha-iraha oge.
Artinya: Rasa sayang aku gak bakal luntur sampai kapanpun.

Gimana sob, apa sudah mulai tercerahkan? saya yakin sih sudah. Jika masih belum mengerti, silahkan pahami kembali kata per katanya ya sob.

Kesimpulan

Kata kadeudeuh dan kanyaah memiliki arti yang sama yaitu kesayangan, sayang atau rasa sayang. Kata dasar dari keduanya adalah deudeuh dan nyaah.

Demikian sob, cape nulisnya nih. Semoga mudah dipahami dan bisa menjadi referensi sobat untuk lebih mengetahui tentang kosa kata bahasa sunda. Terima Kasih.

Berbagi :

Posting Komentar