Arti Naon Eta dan Eta Naon dalam Bahasa Sunda

Kata naon eta artinya adalah apa itu. Sama seperti kata eta naon artinya juga adalah itu apa. Keduanya memiliki makna yang sama, Berikut contoh pen...

Terdapat banyak sekali kata tanya dalam Bahasa Sunda, salah satu yang cukup populer adalah kata naon. Salah satu contoh penggunaannya kata naon dalam kehidupan sehari-hari adalah naon eta dan eta naon.

Secara struktur kalimat bisa kita lihat masing-masing terdiri dari dua suku kata, yang satu merupakan kata tanya dasar (naon) dan yang satu lagi merupakan kata tunjuk (eta).

Sudah menjadi hal lumrah dalam berbagai bahasa, kata tanya diikuti oleh kata tunjuk begitupun sebaliknya.

Lantas apa sih arti dari kata naon eta dan eta naon? pasti penasaran kan? Yuk, baca penjelasan singkat berikut ini.

Arti Kata Naon Eta dan Eta Naon

Arti Naon Eta

Sebelum masuk ke pembahasannya secara detil, perlu diketahui bahwa kata naon eta dan eta naon memiliki arti yang sama. Perbedaannya hanya pada suku katanya yang dibolak balik.

Terus kalo gitu berarti kedua kata tersebut bisa saling menggantikan dong min? yupss betul sekali, terserah mau pakai kata yang manapun maknanya sama.

Kata naon eta artinya adalah apa itu.

Kata eta naon artinya adalah itu apa.

Sama saja kan sob? ya persis seperti bahasa Indonesianya lah bisa dibolak-balik. Biar sobat semua lebih paham, berikut akan saya jabarkan arti kata per kata dari kedua kalimat tanya diatas.

Seperti yang sobat bisa lihat, kedua kata diatas sama-sama tersusun dari 2 suku kata yaitu kata naon dan eta.

Kata naon artinya adalah apa, dan kata eta artinya adalah itu (jarak dekat).

Kedua kata tanya tersebut (naon eta dan eta naon) biasanya digunakan untuk menanyakan sesuatu (yang berjarak dekat) kepada seseorang. 

Misal: teman sobat sedang memegang suatu benda tapi sobat tidak tahu benda apa itu, lalu sobat bertanya "apa itu?". Nah kurang lebih seperti itu konteks penggunaannya.

Contoh Kalimat

Selain memahami arti, rasa-rasanya kita perlu juga untuk mengetahui beberapa contoh pengaplikasiannya dalam sebuah kalimat. Berikut contohnya:

Naon eta anu barodas dina baju izan?
Artinya: Apa itu yang putih-putih di baju izan?

Eta naon gus? kot herang pisan
Artinya: Itu apa gus? bening banget

Diatas adalah contoh sederhana dari masing-masing kata tanya yang sedang kita bahas. Semoga kedua contoh diatas dapat memperjelas arti dari keduanya.

Gimana sob, sekarang sudah lebih jelas kan? jadi jangan bingung lagi kalau suatu saat mendengar kata tanya tersebut.

Kesimpulan

Kata naon eta dan eta naon memiliki arti yang berbeda namun bermakna sama. Secara garis besar kedua kata tersebut tersebut menunjukan rasa pneasaran seseorang tentang suatu hal yang berada didekatnya.

Demikian sob penjelasan singkat tentang arti kata naon eta dan eta naon. Semoga bisa menjadi manfaat khususnya bagi sobat semua, umumnya buat orang-orang yang baca artikel ini.

Terima Kasih, salam sejahtera.

Admin Teknozan.net

Post a Comment