(AD) Billboard

Arti Kata Hampura | Kamus Bahasa Sunda

Kata hampura artinya adalah maaf, sama seperti kata punten. Berikut contoh kalimatnya seperti: Hampura atuh yang artinya adalah maafin ya. Perlu di...

Hampura Artinya

Arti Hampura dalam Bahasa Sunda - Pernahkah kamu mendengar kata hampura, baik itu langsung dari ucapan orang sunda maupun dari lirik lagu berbahasa sunda? Kemudian kamu merasa penasaran dan ingin mencari tahu apa arti kata tersebut.

Jika iya, maka selamat kamu telah sampai di tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan hal tersebut agar pertanyaan seperti "Hampura artinya apa ya?" hilang dari sobat semua.

Namun sebelum itu disklaimer dulu ya, saya kebetulan orang sunda dan berlokasi di daerah priangan. Bisa saja apa yang saya jelaskan ini berbeda maksudnya dengan daerah sunda lainnya. Layaknya Indonesia, tatar sunda juga memiliki area-area tertentu dan memiliki ciri khas masing-masing.

Oke, tanpa berpanjang-panjang lebar lagi yuk gas ke pen jelasannya. cusss. Berikut ini penjelasan singkat untuk ada yang ingin tahu kata hampura artinya apa.

Arti Kata Hampura

Kata hampura artinya adalah maaf. Sebelum saya menjelaskan tentang arti kata hampura dalam bahasa sunda, perlu diketahui saya termasuk generasi milenial alias lahir di era 90-an. Jadi, saya akan menjelaskan makna kata hampura berdasarkan pengalaman saya selama 26 tahun menjadi orang sunda hehe.

Yap, kata tersebut adalah kata yang sering diucapkan ketika meminta maaf kepada orang lain. Misalnya kita merasa memiliki salah kepada seseorang, maka kita bisa menggunakan kata tersebut untuk meminta maaf.

Lantas bagaimana cara menggunakan kata tersebut dalam konteks percakapan? yuk lanjut dibawah.

Contoh Kalimat

Berikut ini merupakan contoh kalimat kalimat yang menggunakan/mengandung kata hampura.

Hampura nya, kamari abi teu tiasa datang ka nikahan Ajeng. 
Artinya: Maaf ya, kemarin aku ga bisa hadir ke nikahan Ajeng

Hampura nya mah, Adit teu acan tiasa ngabagjakeun mamah. 
Artinya: Maaf ya mah, Adit belum bisa bahagiain mamah

Sep, maneh kudu menta hampura ka si mamat. 
Artinya: Sep, kamu harus minta maaf ke si mamat

Lamun maneh ngarasa boga salah, geuwat menta hampura!
Artinya: Kalo kamu merasa punya salah, cepetan minta maaf!

Gimana sob, sekarang sudah tau kan apa arti kata hampura? terlebih lagi saya sengaja menambahkan penambahan contoh kalimat agar sobat bisa memahaminya lebih dalam.

Arti Kata Hampura Atuh

Ini merupakan salah satu penerapan kata hampura dalam bentuk lain yaitu diikuti dengan kata atuh. Kata atuh sendiri memiliki makna yang sangat fleksibel dan sangat sulit dijelaskan kedalam Bahasa Indonesia. Namun secara umum kata ini biasanya digunakan untuk penegasan.

Kata Hampura atuh artinya adalah Maafin ya.

Singkatnya kata ini biasa digunakan ketika meminta maaf sambil membujuk agar dimaafkan. Sebenarnya ada kata lain yang memiliki makna sama, yaitu kata hampura nya.

Catatan: Untuk meminta maaf dengan bahasa yang lebih halus bisa menggunakan kata Punten.

Kesimpulan

Kata Hampura artinya adalah Maaf. Kata ini memiliki makna yang sama dengan kata Punten. Untuk meminta maaf lebih baik gunakan kata punten saja, karena lebih halus.

Gimana sob, sekarang sudah tahu kan apa arti dari kata hampura dan hampura atuh? Jika ada pertanyaan atau ada kata lain yang ingin dibahas, silahkan tulis di kolom ya. Terima Kasih.