Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Upload File di Google Form

Simak berikut ini Penyeab kenapa tidak bisa Upload File di Google Form lengkap dengan cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload File di Google Form - Seringkali ketika mengisi Formulir di Google Form, kita diminta untuk mengupload suatu jenis file namun mengalami gagal upload. Lantas tentunya kita akan bertanya-tanya Apa penyebab gagal upload file di Google Form dan mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Pada artikel ini, saya akan coba untuk membahas topik tersebut. Kenapa? karena kejadian tersebut sering dialami oleh para pengguna yang hendak mengisi Google Forms.

Pembahasan tentang topik ini akan saya bagi menjadi dua bagian, yaitu bagian penyebab dan solusi/ cara mengatasinya. Oke, tanpa panjang lebar lagi langsung aja simak tulisan berikut ini!

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form

Gagal Upload File Google Form

Ada banyak sekali faktor penyebab gagal upload file ke Gform. Di bawah ini telah saya rangkum beberapa penyebab mengapa file tidak dapat diunggah ke Google Formulir.

1. Koneksi internet yang kurang stabil

Alasan pertama yang menyebabkan file gagal diunggah adalah masalah koneksi yang tidak stabil atau bahkan terputus. Tentunya hal ini akan sangat menggangu proses saat mengunggah file dan tentunya kemungkinan terjadi kegagalan upload sangat besar.

2. Ukuran file terlalu besar

Yap ini yang sering terjadi, dimana pengguna mengunggah file yang ukurannya lebih dari ukuran maksimum yang diperbolehkan. Biasanya pembuat formulir mengatur berapa ukuran maksimal file yang dapat diunggah.

Misalnya, pembuat form membatasi file yang boleh diupload adalah 1MB, namun anda malah mengirimkan file dengan ukuran 2MB. Sudah bisa dipastikan 100% proses tersebut akan gagal. So, pastikan mengirim file sesuai dengan ketentuan pembuat. 

3. Jenis/format file yang tidak sesuai

Nah ini juga sering terjadi loh, terkadang jenis file yang kita unggah tidak sesuai dengan format yang diperbolehkan. Misalnya format gambar yang diperbolehkan diupload adalah file JPG, namun anda malah mengunggah file PNG maka dijamin pasti Gagal 100%.

4. File Corrupt / Rusak

Kemungkinan terakhir yang menyebabkan kegagalan proses upload file di Google Form adalah file corrupt (rusak). Bukan tidak mungkin hal satu ini merupakan salah satu penyebab masalah yang sedang anda rasakan saat ini. Untuk solusinyanya bisa dibaca di bagian selanjutnya.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload File di Google Forms

Setelah mengetahui beberapa penyebab file tidak bisa diupload ke Google Forms, kali ini kami akan memberikan tips dan trik agar Anda tetap bisa mengupload file ke Google Forms.

1. Cek Koneksi Internet

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan cek terlebih dahulu koneksi internet yang anda miliki, apakah tersmbung atau terputus. Pastikan juga koneksi internet yang anda punya memiliki kecepatan yang stabil agar proses upload berjalan dengan maksimal.

Apabila koneksi internet Anda tidak stabil, cobalah untuk beralih ke jaringan lin dengan koneksi yang lebih stabil atau bisa juga tunggu beberapa saat hingga koneksi stabil kembali.

2. Pastikan Ukuran File Tidak Melebihi Batas Yang Ditentukan

Jika metode di atas tidak berhasil, masalahnya mungkin terletak pada ukuran file yang diunggah. SO, pastikan dahulu ukuran file yang Anda unggah tidak terlalu besar (melebihi ukuran file yang dianjurkan).

Jika Anda tidak mengetahui berapa ukuran maksimal file yang dapat diunggah, silahkan tanyakan saja kepada pembuat formulir tersebut.

3. Pastikan Jenis File yang Diunggah Sesuai dengan Format yang Sesuai

Jika kedua solusi di atas masih belum berhasil, masalahnya mungkin terdapat pada jenis file yang Anda unggah tidak cocok dengan yang diinginkan pembuat formulir. Pastikan untuk mengunggah dengan format file yang dapat diunggah dan sesuai petunjuk.

Untuk lebih amannya, Anda bisa menanyakan langsung kepada pembuat formulir tersebut tentang format apa yang harus diunggah. 

4. Pastikan File Tidak Rusak

Kendala lain penyebab gagal upload file di Google Forms adalah file corrupt. Jadi, pastikan file yang Anda unggah tidak rusak atau corrupt. Silahkan anda buka terlebih dahulu file tersebut di perangkat yang dimiliki untuk memastikan file dapat dibuka dan sesuai petunjuk.

Jika file tersebut tidak dapat terbuka, kemungkinan file yang Anda miliki rusak. Maka dari itu silahkan cari atau siapkan kembali file yang bisa dibuka dan tidak corrupt.

5. Unggah file ke Google Drive terlebih dahulu

Jika dengan cara-cara diatas Anda masih tidak dapat mengunggah file kedalam Google Form, silahkan Anda gunakan cara ini sebagai alternatif. Caranya sangat sederhana yaitu menggunakan Google Drive sebagai media upload file.

Kesimpulan

Demikian uraian singkat mengenai Penyebab Kenapa Tidak Bisa Upload File di Google Form saya sajikan. Semoga ulasan sederhana ini dapat membantu teman-teman semua untuk mengatasi masalah yang sedang dialami. Terima Kasih.