Cara Merekam Suara Sambil Memutar Musik di Android Tanpa Aplikasi

Pada umumnya tidak mungkin untuk melakukan perekaman audio dan memutar lagu secara bersamaan. Anda tidak dapat menggunakan perekam audio bawaan di Android sambil mendengarkan atau memutar musik. Namun sebenarnya ada cara untuk merekam audio sambil memutar musik di Android.

Ketika Anda merekam audio saat memutar lagu di Android, perekaman audio akan berhenti secara otomatis. Untuk dapat merekam audio sambil mendengarkan musik, Anda perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara merekam audio sambil memutar musik. Buat kamu yang penasaran bagaimana caranya, simak sampai selesai.

Cara merekam audio sambil memutar musik

Merekam Sambil Memutar Musik

Untuk melakukannya, Anda memerlukan aplikasi tambahan seperti WaveEditor. Dengan aplikasi ini, Anda tetap dapat merekam audio bahkan ketika Anda sedang mendengarkan musik di perangkat Android Anda. Langkah-langkah merekam sambil memutar lagu di Android adalah:

  1. Pertama, unduh dan instal aplikasi WaveEditor terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, buka pemutar musik di ponsel Anda dan pilih atau mainkan lagu yang Anda inginkan.
  3. Kemudian buka aplikasi WaveEditor yang Anda unduh sebelumnya.
  4. Di layar beranda atau di beranda aplikasi WaveEditor, pilih Rekam > lalu Mainkan.
  5. Selesai, sekarang Anda telah berhasil merekam audio saat memutar musik di Android.
  6. Setelah selesai merekam audio, Anda dapat menekan "Stop" di aplikasi. Kemudian pilih Simpan atau Simpan, setelah itu rekaman akan otomatis disimpan ke ponsel Anda.
  7. Terakhir, yang harus Anda lakukan adalah memeriksa rekaman yang Anda buat, tempat penyimpanannya ada di memori internal > WaveEditor > Rekaman.

Perekaman Suara Terbaik di Android

Selain cara merekam audio sambil mendengarkan musik di Android di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain yang sejenis. Berikut kami rangkum beberapa aplikasi perekam audio terbaik sambil mendengarkan musik yang bisa Anda gunakan.

1.Hi-Q MP3 Voice Recorder

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Perekam Suara MP3 Hi-Q. Aplikasi ini sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak pengaturan untuk menggunakannya. Jika Anda ingin merekam audio sambil mendengarkan musik, aplikasi ini bisa menjadi solusinya.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan intensitas, kualitas, dan durasi suara sebelum menyimpannya.

2. Aplikasi SunVox

SunVox adalah aplikasi perekaman audio lain yang memiliki fitur yang sangat bagus. Dengan aplikasi ini, Anda dapat merekam suara di perangkat Android Anda dengan kualitas yang sama seperti studio rekaman.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan drum synthesizer dengan ratusan suara dan efek lainnya untuk melengkapi rekaman audio Anda. Anda juga dapat mengekspor rekaman dalam format trek MIDI.

3. Audio Recorder

Aplikasi perekam audio Android berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Audio Recorder. Aplikasi ini dapat merekam audio berkualitas tinggi bahkan di ponsel dengan RAM rendah.

Ukuran perekam suara hanya 1.3MB, tetapi meskipun kecil, fitur yang ditawarkannya tidak kalah dengan aplikasi perekam suara lainnya.

4. Perekam Suara Easy Voice Recorder

dengan namanya, dengan aplikasi ini Anda dapat merekam audio dengan mudah dan menghasilkan kualitas yang baik. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan terutama oleh para Youtuber untuk dubbing video, review film dan lainnya.

Bagi yang ingin merekam audio sambil memutar lagu di Android, bisa mencoba menggunakan aplikasi perekam audio ini.

Demikian tutorial cara merekam audio sambil memutar musik di android. Jadi pada dasarnya Anda dapat merekam audio saat Anda bermain di Android lagi dengan aplikasi perekaman audio tambahan.