Cara Mengatasi "Kami Membatasi Aktivitas Tertentu" di Instagram

Cara mengatasi kami membatasi aktivitas tertentu untuk melindungi komunitas kami pada Instagram lengkap. Berikut penjelasannya.

Kamu yang sedang membaca artikel ini mungkin memiliki masalah dengan pembatasan di Instagram. Dimana sebuah peringatan muncul pada akunmu dengan tulisan "Coba Lagi Nanti - Kami membatasi aktivitas tertentu untuk melindungi komunitas kami.".

Oleh karena itu, dalam artikel ini Teknozan akan memberikan cara untuk mengatasi pembatasan aktivitas Instagram tersebut.

Sekilas tentang Instagram

Siapa sih yang tidak kenal Instagram? Layanan media sosial milik Facebook Inc. Ini adalah tempat paling populer untuk berbagi foto dan video saat ini. Dengan begitu banyak efek foto yang menakjubkan, membuat pengguna ragu untuk meninggalkan Instagram.

Setiap layanan media sosial pasti memiliki kumpulan terms of use tersendiri untuk penggunaannya. Jika dilanggar akan dikenakan sanksi berupa ban sementara atau bahkan permanen. Begitu juga dengan Instagram. Instagram memiliki syarat yang harus dipenuhi. Jika tidak, akun Anda akan dibatasi atau bahkan dihapus secara permanen.

Penyebab dan Akibat dari Pembatasan Instagram

Penyebab akunmu dibatasi biasanya karena kamu melanggar suatu aturan yang berlaku pada Instagram. Efeknya kamu tidak dapat membuat postingan, tidak bisa menambah followers dan yang lebih parah akun kamu tidak bisa dibuka kembali (banned). 

Namun secara umum, pembatasan hanya berlangsung untuk sementara, dan dapat dibuka kembali dalam beberapa hari. Tapi jika Anda terus mendapatkan peringatan tentang pembatasan aktivitas, coba metode berikut ini.

Beberapa Cara Menghilangkan Pembatasan Aktivitas Instagram

1. Beri Tahu Instagram

Jika Anda melihat peringatan aktivitas Instagram terbatas, klik opsi Beri tahu kami. Dengan cara ini, Instagram akan tahu jika akun Instagram Anda memiliki masalah pembatasan aktivitas.

Setelah Instagram menerima laporan, maka Instagram akan memeriksa akun Anda untuk melihat apakah itu sebuah pelanggaran atau bukan. Jika terdaftar sebagai pelanggaran, Instagram akan terus membatasi aktivitas Instagram Anda. Begitupun sebaliknya.

Jika masih muncul peringatan, coba cara ke-2 di bawah ini.

2. Bersihkan Bio Instagram

Penyebab akun Anda dibatasi lainnya yaitu kemungkinan ada tulisan yang melanggar kebijakan Instagram di bio Anda. Coba copot dan ganti dengan yang baru atau bisa juga kosongkan.

Selain tulisan pada BIO Anda, situs web yang Anda tempatkan di profil Anda juga dapat menyebabkan pembatasan. Saya pernah mengalaminya, ketika saya memasukkan alamat blog saya di profil Instagram saya, beberapa hari/ minggu kemudian muncul pembatasan. 

Setelah saya hapus, akun Instagram saya tidak lagi dibatasi. FYI domain yang saya pakai pada saat itu adalah blogspot.com. Setelah saya membeli TLD dan memasukkannya ke Bio IG saya, pembatasan tidak pernah muncul lagi.

Jika dua metode di atas tidak membantu, Anda juga dapat melaporkan masalah ini ke Instagram.

3. Laporkan Masalah

Instagram menyediakan daftar laporan bantuan dan kesalahan untuk pengguna yang mengalami masalah dengan akun mereka.

Berikut langkah-langkah untuk melaporkan masalah dengan pembatasan aktivitas Instagram:
  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Buka profil
  3. Masuk ke Pengaturan
  4. Pilih bantuan
  5. Pilih Laporkan masalah
  6. Masukkan deskripsi masalah yang dialami.
  7. Tambahkan Screenshot pembatasan sebagai bukti.
  8. Kirim
Contoh: Akun saya dibatasi untuk Instagram, dan saya tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Tolong segera perbaiki!

Tunggu saja sekitar 1 x 24 jam, maka akun Instagram kamu akan normal kembali. Namun ada kemungkinan Instagram tidak akan menanggapi pemberitahuan Anda, apabila Anda terbukti melanggar kebijakan Instagram. Coba baca terms of use di daftar About Instagram. Kemudian ingat kembali pelanggaran apa yang telah dilakukan.

Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh aktivitas Anda yang dianggap mencurigakan oleh Instagram. Jika Anda merasa belum pernah melakukan ini sebelumnya, mungkin sistem Instagram mengalami kesalahan.

Kesimpulan

Penyebab pembatasan aktivitas pada akun Anda mungkin karena dua hal yang disebutkan di atas, yaitu Anda melanggar Ketentuan Layanan kami atau Instagram melakukan kesalahan. Maka dari itu baca term of use untuk menjaga diri agar tidak melakukan pelanggaran di Instagram.

Demikian tutorial cara mengatasi pembatasan instagram ini saya paparkan, semoga bermanfaat. Terima Kasih.