Cara Mengetik Aksara Sunda di Laptop

Ingin menulis aksara sunda di laptop atau PC? simak tutorialnya.
Cara Mengetik Aksara Sunda di Laptop - Sampurasun wargi sunda sadayana! Kumaha damang? kurang lebih seperti itulah cara menyapa dalam bahasa sunda. Kebetetulan saya sendiri orang sunda asli atau biasa disingkat USA, gaya banget ya uda kaya orang Amerika aja.

Sebelum masuk ke tutorialnya, intro dulu kali ya. Seperti yang telah kita semua ketahui, Indonesia merupakan negara dengan multi suku yang mungkin kita sendiri tidak hafal satu per satu sukunya. Mungkin yang populer misalnya: suku jawa, sunda, betawi, batak, minang, bugis, minangkabau, dayak asmat dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya suku di Indonesia, tidak heran setiap daerah memiliki adat, budaya dan bahasa yang berbeda. Salah satunya suku sunda. Suku yang sebagian didominasi oleh daerah Jawa Barat. Walaupun sebagian terpisah yaitu daerah Banten.

Selain punya bahasa sendiri, suku sunda pun memiliki aksara/ gaya tulisan sendiri sama halnya seperti beberapa suku di daerah lain.

Cara Menulis atau Mengetik Aksara Sunda di Laptop/ PC

Sebagai orang sunda yang lahir di era milenial, saya merasa miris karena belakangan orang sunda sendiri tidak bisa menulis aksara sunda apalagi membacanya. Ya salah satunya saya sendiri hehe. Masih pusing kalau membaca aksara sunda.

Sebenarnya ketika dulu duduk dibangku sekolah sudah diajarkan cara menulis dan membacanya, tapi karena jarang dipakai ingatan dikepala pun mulai sirna. ya wajar saja karena tidak saya pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Saya teringat dahulu, ketika mendapat project untuk mendesain baju beserta logo dalam aksara sunda saya kebingungan. Saya mikir keras bagaimana cara menulis aksara sunda di laptop/PC. Dulu teknologi masih terbatas dan saya belum mengenal cara menginstall font di laptop. Yang saya tau pada saat itu hanya situs waptrick.com hehe.

Setelah beranjak beberapa tahun, barulah saya menemukan solusi yang konkrit. Solusi apa itu? Kairaga.com jawabannya. Portal manuskrip sunda yang menyediakan fasilitas download font sunda beserta driver keyboarnya secara gratis. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak caranya.

Install Font Sundanese Unicode 2.0 dan Driver Keyboardnya

Unduh dan install font Sundanese Unicode 2.0 melalui link:
http://www.kairaga.com/download/sundanese-unicode-2-0-ttf
Unduh juga driver keyboardnya dari url:
http://www.kairaga.com/download/driver-keyboard-aksara-sunda-64-bit-2

Ekstrak file driver hasil unduhan SundaKb_64bit.zip. Terdapat beberapa file dan folder didalamnya.
Install dan coba satu per satu file yang berekstensi .msi, kenapa? karena kalau kita install dari setupnya pasti error. 
Tiap file .msi mewakili satu jenis prosesor. Jadi coba saja satu per satu pasti ada salah satu yang cocok dengan prosesor laptop/ PC yang kamu gunakan.
Setelah berhasil menginstal kedua file diatas, lantas bagaimana cara menggunakannya?
  1. Buka Microsoft Word pada PC atau Laptop.
  2. Pada pengaturan font, cari dan pilih font Sundanese Unicode 2013.


  3. Ubah pengaturan bahasa pada windows ke bahasa Indonesia - Sundanese Unicode Keyboard. Caranya tinggal klik logo bahasa pada taskbar sebelah kanan sebelum jam, kemudian pilih IND Indonesia Sundanese Unicode.


  4. Jika sudah, langsung saja coba mengetik aksara sunda di Microsoft Word. Untuk petunjuk cara pengetikan dan tata letak aksara sunda pada keyboard bisa dibuka pada link berikut, pada bagian tab pengetikan. link: http://www.kairaga.com/font-sunda/panduan/

Konversi Otomatis Online

Bagi kamu yang suka jalan cepat dan malas ngoprek gak mau ribet mengikuti tahapan diatas, kamu juga bisa menggunakan tool konversi otomatis secara online. Cukup masukan kata yang ingin kamu ubah dan otomatis akan berubah menjadi aksara sunda. Begitupun sebaliknya. 
Jika ingin mengubah aksara sunda menjadi latin masukan tulisannya ke kolom aksara sunda, maka teks akan otomatis terkonversi. 
Jika ingin mencobanya silahkan masuk ke halaman Konversi latin ke Aksara Sunda.

Add-In Konversi Otomatis Untuk Ms Word 2007 dan 2010 Ke Atas

Untuk instalasi lengkap bisa cek di http://www.kairaga.com/font-sunda/panduan pada tab "Konversi Otomatis".

Terdapat dua buah jenis versi Add-In yaitu untuk Microsoft Word versi 2007 dan 2010. Kamu tinggal pilih saja sesuai versi Ms Word yang kamu gunakan. Untuk Office Word versi diatas 2010, bisa pakai yang versi 2010. 

Link downloadnya:
Untuk Ms. Office Word 2007
https://www.kairaga.com/download/aksara-sunda-1-1-zip?wpdmdl=3175&masterkey=587f77f660143
Untuk Ms. Office 2010 keatas
https://www.kairaga.com/download/aksara-sunda-1-1-zip?wpdmdl=3175&masterkey=587f77f660143

Cara Memasang

  1. Unduh file Add-In konversi AksaraSunda-1.1.zip dari link di atas.
  2. Ekstrak file zip tersebut dimana pun kamu inginkan menggunakan WinRar atau software ekstraktor file zip lainnya. 
  3. Buka Software Microsoft Word pada laptop atau PC. 
  4. Klik menu File > Option (shortcut: ALT+F+T) untuk membuka Word Option


  5. Pilih menu "Add-Ins".
  6. Pada jendela Add-In klik tombol option "Manage", kemudian akan muncul daftar jenis Add-In. Pilih "Templates" lalu klik tombol "Go" maka akan muncul jendela Template and Add-In.


  7. Pada tampilan "Templates and Add-ins", klik tombol "Add" untuk menambahkan Add-In konversi aksara sunda. Cari file hasil ekstrak-an tadi ("AksaraSunda-1.1").


  8. Klik "Ok".
Jika terdapat notifikasi Security Warning, Klik saja Enable Content.
Sampai pada tahap ini file Add-In sudah berhasil dipasang pada Microsoft Office Word. Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menggunaka Add-In Konversi Aksara Sunda

  1. Tuliskan kata atau kalimat apa saja yang ingin kamu rubah menjadi aksara sunda. 
  2. Blok atau seleksi kata/ kalimat yang ingin dikonversi. 
  3. Pilih menu "Add-ins" >  Aksara Sunda > Konversi Latin ke Sunda Unicode, maka otomatis tulisan yang kamu buat dan block akan berubah menjadi aksara Sunda.


Kamu juga bisa mengubah aksara sunda menjadi latin, yaitu dengan memilih Konversi Sunda Unicode ke Latin.
Gimana? Sudah berhasil? pasti berhasil dong. Jika ada pertanyaan atau ada yang kurang dipahami, jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar. Atau untuk lebih detailnya bisa kunjungi situs www.kairaga.com.

Semoga tutorial Cara Mengetik Aksara Sunda di Laptop yang saya berikan dapat membantu. Jika ada tahapan yang kurang jelas silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih.