Cara Membatasi Google Form Agar Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Cara Membatasi Google Form Agar Hanya Bisa Diisi Satu Kali, sehingga tidak terjadi duplikat data saat pengolahan di Google Sheet

Membatasi Google Form Hanya Diisi satu kali

Cara Membatasi Google Form Agar Hanya Bisa diisi Satu Kali - Google Formulir atau biasa disebut Google Form merupakan sebuah fasilitas/layanan yang disediakan oleh Google untuk membuat formulir isian online dari responden. Tentunya ini merupakan salah satu inovasi yang brilian, karena responden dapat mengisi formulir secara digital tanpa harus menulisnya secara fisik.

Manfaat dari Google Formulir ini sangat banyak sekali, misalnya bagi para akademisi.  Mereka yang sedang melakukan penelitian rata-rata menggunakan layanan ini untuk mendapatkan data dari responden dalam jumlah banyak tanpa perlu turun ke lapangan. 

Sama halnya dengan perusahaan-perusahaan swasta, mereka menggunakan Google Formulir untuk melakukan survey kepuasan pelanggan. Dalam pemerintahan pun sama, mereka menggunakan platform ini untuk menampung daftar absensi zoom meeting misalnya.

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Dalam pengolahan data hasil survey, seringkali terdapat duplikat data akibat dari responden yang mengisi formulir lebih dari satu kali. Ini tentunya akan berpengaruh terhadap hasil data yang didapat. Dampaknya yaitu kita harus memeriksa kembali dan menghapus data duplikat tersebut.

Tentunya ini menyulitkan dan akan menambah pekerjaan yang seharusnya tidak perlu dikerjakan. Maka dari itu cara yang paling efektif adalah dengan mebatasi Google Form agar hanya dapat diisi satu kali saja. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

1. Buka Browser

Langkah Pertama yang harus anda lakukan untuk membatasi Google Form agar hanya bisa diisi satu kali adalah membuka browser pada komputer maupun samartphone. Anda bebas menggunakan browser apapun, bisa Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer maupun browser yang lainnya.

Untuk contoh kali ini saya menggunakan Google Chrome kesayangan saya sendiri. Untuk tampilan homepagenya kurang lebih seperti berikut.

Tampilah Antarmuka Google Chrome


2. Masuk ke Website Google Form

Setelah berhasil membuka browser yang anda miliki, silahkan masuk ke halaman situs Google Form yaitu https://forms.google.com/. Tunggu sampai halaman Google Form selesai dimuat keseluruhan. Antarmuka dari google form kurang lebih seperti berikut jika pernah login sebelumnya.

Halaman Google Form


3. Login Menggunakan Akun Google

Lakukan proses login menggunakan akun Google, yaitu dengan memasukan username dan password. Itupun jika sebelumnya anda belum pernah masuk menggunakan akun Google. Skip tahap ini jika sebelumnya anda pernah login ke Google Form.

4. Pilih Form Yang Ingin Diatur Batasan Pengisiannya

Pilihlah form mana saja yang ingin anda atur batasan pengisiannya hanya satu kali. Misalnya saya ingin mengganti batasan pengisian dari form "Data Pelanggan", tinggal klik kemudian tunggu sampai formnya terbuka seperti berikut.

Klik Formulir Yang Ingin Dirubah


5. Ubah Pengaturan Form

Tahap ini merupakan inti dari cara membatasi Google Form agar hanya bisa diisi satu kali, jadi perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama.

Setelah form yang anda pilih terbuka klik pada tab setelan, kemudian akan muncul beberapa pengaturan seperti Jadikan ini sebagai kuis, Jawaban, Presentasi dan sebagainya. Silahkan anda klik Jawaban, maka pengaturan turunannya akan muncul.

Aktifkan Batasi ke 1 jawaban, caranya yaitu dengan mengaktifkan toggle yang sejajar dengan tulisan tersebut. Lihat pada gambar untuk lebih detailnya.

Atifkan "Batasi ke 1 jawaban"


6. Selesai

Sampai tahap ini anda telah berhasil membatasi Google Form agar hanya bisa diisi satu kali. Untuk mengetesnya silahkan anda coba sendiri mengunjungi link formulirnya dan cek apakah pengaturannya sudah berhasil atau belum.

Perlu diperhatikan, sebaiknya lakukan pengaturan ini sebelum anda membagikan link kepada calon responden. Hal ini bertujuan agar tidak terdapat data duplikat dari responden sebelumnya. 

Untuk menghapus data duplikat pada Google Sheet, bisa anda baca secara lengkap pada artikel Cara Menghapus Data Duplikat di Google Sheet.


Penutup

Demikian artikel Cara Membatasi Google Form Agar Hanya Bisa Diisi Satu Kali ini saya bagikan. Semoga bermanfaat dan dapat anda pahami dengan jelas.

Jika ada pertanyaan lain seputar Cara Membatasi Google Form, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar. Terimakasih.

Admin Teknozan.net

Post a Comment