(AD) Billboard

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah 2022 Terbaru (Putra dan Putri)

Berikut adalah info pendaftaran, syarat dan biaya masuk pondok pesantren (ponpes) sulaimaniyah terbaru 2022 lengkap.
Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Pondok pesantren sulaimaniyah didirikan pada tahun 2005 dan merupakan hasil kerja sama antara UICCI (United Islamic Cultural Centre of Indonesia) dengan Kementerian Agama Republik Indonesia. Ponpes ini telah banyak mencetak hafidz dan hafidzah andal yang tentunya dapat berperan dalam perkembangan dakwah islam dimasa mendatang.

Sampai saat ini, diketahui PP Sulaimaniyah telah memiliki kurang lebih 51 cabang pesantren yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Pesantren tahfidz ini cukup populer ditelinga para orang tua yang menginginkan anaknya menjadi penghafal Al-Quran (hafidz/hafidzah) dan juga sering menjadi rekomendasi.

Sekilas Tentang Pondok Pesantren Sulaimaniyah

Pondok Pesantren Sulaimaniyah atau Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah merupakan salah satu dari sekian banyak pondok pesantren tahfidz yang ada di Indonesia. Pesantren ini bergerak di bawah naungan Yayasan United Islamic Cultural Center of Indonesia (UICCI), yang merupakan sebuah organisasi yang bekerja sama dengan Kemenag RI. Tujuan utamanya adalah untuk mencetak dai-dai atau para penghafal Quran yang kompeten dan dapat ikut berperan dalam perkembangan dakhwah islam dimasa yang akan datang.

Popes Sulaimaniyah ini merupakan salah satu cabang lembaga pendidikan Islam dari Turki sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa perbedaan yang yang paling mencolok adalah metode hafalannya yang menggunakan metode utsmani serta kegiatan belajar para santri yang terintegrasi dengan bahasa Turki dan juga budaya Turki. Selain itu Pondok Pesantren Sulaimaniyah ini menyediakan beasiswa penuh pendidikan lanjutan ke Turki.

Pendaftaran Pondok Pesantren Sulaimaniyah Putra & Putri

Pendaftaran Pondok Pesantren Sulaimaniyah untuk tahun ajaran 2023 kini telah dibuka. Bagi anda yang ingin mendaftarkan anak atau saudaranya ke Pondok Pesantren Sulaimaniyah, silahkan kunjungi halaman pendaftran pada website resminya. Pada halaman tersebut anda akan menemukan brosur tentang info waktu serta kuota pendaftaran yang tersedia.

Silahkan klik disini atau salin dan kunjungi halaman url https://tahfidzsulaimaniyah.org/pendaftaran.html.

Alur Pendaftaran Sulaimaniyah

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah 2022

Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Besaran biaya masuk Pondok Pesantren Sulaimaniyah pada tahun 2022 adalah Rp. 8.900.000 Rupiah. Informasi tersebut berdasarkan hasil penelurusan dan berbagai ulasan pada media sosial maupun artikel online. Adapun rincian biayanya adalah sebagai berikut :

JenisBiaya
Biaya uang masuk dan infaq bangunanRp. 5.000.000
Biaya bukuRp. 1.500.000
Biaya seragamRp. 1.500.000
Biaya uang makan/bulanRp. 900.000
TotalRp. 8.900.000

Perlu diperhatikan, besaran nilai diatas bukanlah angka pasti. Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, silahkan hubungi kontak resmi dari Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah yang akan kami cantumkan pada akhir artikel.

Syarat Masuk Pondok Pesantren Sulaimaniyah

Syarat Masuk Pesantren Sulaimaniyah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan merupakan syarat untuk masuk ke Pondok Pesantren Sulaimaniyah, diantaranya :

  • Lancar membaca Al-Quran dengan tajwid dan tahsinnya
  • Berakhlak mulia, disiplin dan tidak merokok
  • Bersedia mengikuti pendidikan di Indonesia dan Turki sampai selesai apabila mendapatkan beasiswa
  • Bersedia ditempatkan dicabang Sulaimaniyah manapun sesuai hasil ujian (disesuaikan dengan domisili)
  • Memiliki kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang baik

Selain syarat umum, ada juga beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi bagi calon santri tingkat SMP, SMA maupun mahasiswa. Persyaratan khusus tingkat SMP diantaranya yaitu: telah lulus/ menyelesaikan pendidikan SD/sederajat, usia tidak lebih dari 13 tahun, kemudian telah hafal Surah Ad-Dhuha sampai An-Nas.

Sedangkan untuk tingkat SMA sayaratnya adalah telah lulus/menyelesaikan pendidikan SMP/sederajat, usia tidak lebih dari 16 tahun, kemudian hafal surah An-Naba sampai surah An-Nas.

Catatan:
Persyaratan diatas dapat berubah kapan saja, silahkan hubungi kontak resmi dari Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Alamat dan Kontak Ponpes Sulaimaniyah

Berikut adalah alamat lengkap dan kontak Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah baik Kantor Pusat maupun Cabangnya. Silahkan pilih yang terdekat dari lokasi anda berada atau bisa juga hubungi kontak pusatnya terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lanjutan.

Kantor Pusat (Jakarta Timur)

Pondok Pesantren Sulaimaniyah (Putra) - Jakarta Timur
Alamat: Jl. Cipinang Baru Raya No.25, Cipinang, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13240
Email: info@tahfidzsulaimaniyah.org
Telepon: 021-4710751
Nomor WhatsApp (WA): 0851-3245-0254

Kantor Cabang

Sampai pada saat artikel ini dimuat (27/05/2022), secara keseluruhan Pondok Pesantren Sulaimaniyah telah memiliki sekitar 51 cabang di seluruh penjuru Indonesia dan tersebar di beberapa provinsi, diantaranya:

  • Sulaimaniyah Jakarta (5 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Jawa Barat (8 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Banten (3 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Jawa Tengah (7 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Jawa Timur (12 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Yogyakarta (1 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Lampung (1 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Sulawesi Selatan (1 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Kalimantan Selatan (1 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Sumatera Utara (2 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Jambi (1 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Aceh (8 Pesantren)
  • Sulaimaniyah Nusa Tenggara Barat (1 Pesantren)

Untuk mendapatkan informasi detail alamat dan nomor kontak kantor cabang Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah, silahkan kunjungi halaman ini (Daftar cabang pesantren sulaimaniyah lengkap).

Kanal Youtube Pesantren Sulaimaniyah

Bagi yang ingin mengetahui seputar kegiatan santri di Pesantren Sulaimaniyah silahkan kunjungi kanal Youtube resminya disini.

Penutup

Demikian tulisan tentang Biaya Masuk Pesantren Sulaimaniyah 2022 ini saya bagikan. Semoga bermanfaat. 

Jika ada kesalahan dalam penulisan atau penjelasan silahkan tuliskan pada komentar. Terima Kasih.