Arti Kata Belegug & Belegug Sia | Bahasa Sunda

Banyak yang tidak tahu arti kata belegug artinya apa, dan semisalnya seperti belegug sia, belegug maneh, belegug pisan. Simak penjelasan lengkapnya

Belegug Artinya

Arti Kata Belegug dalam Bahasa Sunda - Ketika menggunakan media sosial maupun media informasi lainnya seperti Televisi, tentunya terkadang anda pasti melihat atau mendengar orang sunda berbicara.

Entah itu dalam konten video Youtube maupun dpada sintetron, pastinya sangat mudah sekali untuk ditemukan orang sunda yang berbicara menggunakan bahasa sunda.

Terkadang para pemain sinetron atu youtuber tersebut dengan sengaja maupun tidak sering mengeluarkan kata-kata bahasa sunda yang kadang bikin penasaran. Apa arti kata sunda yang diucapkan oleh orang tersebut.

Misalnya salah satu kata yang sering diucapkan dalam sinetron yang kebeteluan pemainnya orang sunda adalah kata belegug. Pasti didalam kepala anda akan berseliweran pertanyaan tentang Belegug itu Artinya Apa?

Untuk mendapatkan penjelasan secara rinci, silahkan anda tanyakan kepada teman atau kerabat anda yang orang sunda. Kalau gak punya, silahkan simak artikel ini sampai habis!

Berikut penjelasan tentang arti kata Belegug dalam bahasa Sunda.

Belegug Artinya

Kata Belegug ini biasanya digunakan untuk mengejek (ngatain) teman atau orang yang sudah akrab. Sangat tidak diperkenankan untuk diucapkan kepada orang yang kurang akrab dan orang dewasa.Jadi, Belegug artinya adalah Bodoh. Maknanya bisa bodoh dalam arti sebenarnya, bisa juga bermakna seperti kata pea atau oon dalam Bahasa Indonesia.Saya yakin pasti anda sering atau setidaknya pernah mendengar kata belegug ini entah di sinetron maupun kehidupan sehari-hari. Lantas apa arti belegug dalam Bahasa Sunda?

Beberapa jenis kalimat (mengandung kata belegug) yang sering didengar, diantaranya:

  • Belegug maneh mah! (Bodoh kali kau!)
  • Belegug sia mah! (Bodoh kamu!)
  • Maneh belegug pisan! (Kamu bodoh sekali!)

Contoh Kalimat Belegug

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang mengandung kata belegug:

  • Belegug sia mah! naha teu ditarima cinta si aden teh? (Bodoh sekali kamu! Kenapa gak kamu terima cinta si aden?)
  • Moal aya jelema pang belegugna saalam dunya salian ti maneh! (Ga akan ada orang yang paling bodoh di dunia ini kecuali kamu!)
  • Sabelegug-belegugna bajing tetep weh jago teterekel. (Sebodoh-bodohnya tupai, tetap saja jago naik pohon)

Arti Belegug Sia

Belegug Sia artinya adalah Bodoh Kamu. 

Arti Belegug Pisan

Belegug Pisan artinya adalah Bodoh sekali.

Arti Belegug Maneh Mah

Belegug Maneh Mah artinya Bodoh kamu mah.

Kesimpulan

Kata Belegug artinya adalah BodohPea atau Oon. Kata ini termasuk kata yang agak kasar, sehingga dianjurkan hanya diucapkan kepada orang yang sudah sangat akrab saja. Tidak boleh digunakan ketika berkomunikasi dengan yang belum akrab dan orang dewasa (usia diatas).