Cara Mengubah Search Engine dari Yahoo ke Google di Laptop Terbaru

Banyak yang belum tahu Cara Mengubah Yahoo ke Google pada Search Engine / mesin pencarian Chrome di Laptop. Berikut Cara merubah dan menggantinya.

Cara Mengubah Yahoo ke Google

Cara Mengubah Yahoo ke Google  - Ingin mengubah pengaturan search engine dari Yahoo ke Google? Namun tidak tahu caranya? Kamu sudah sampai ditempat yang tepat. 

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tutorial cara mengubah cara mengubah Yahoo ke Google atau pertanyaaan semisalnya dengan singkat dan sesederhana mungkin.

Berikut Cara mengubah Yahoo ke Google pada search engine chrome. 

Cara Mengubah Yahoo ke Google

Sebagai orang yang terlahir dan hidup di era teknologi, tentunya kita tidak lepas dari yang namanya Internet. Bagaimana tidak, hampir setiap kegiatan manusia saat ini membutuhan internet.

Mulai dari pelajar yang menggunakannya untuk mencarai informasi dan referensi, ibu rumah tangga yang menggunakannya untuk belanja, mencari resep, maupun bersosialisasi juga profesi-profesi lain yang tidak pernah lepas juga dari internet.

Ada jutaan informasi yang dapat diakses melalui internet, baik itu berupa video, artikel, file, gambar dan lain sebagainya. 

Pada umumnya ketika seseorang ingin mencari informasi maka Search Engine Google lah yang selalu menjadi andalan. Walaupun memang ada search engine lain seperti Yahoo, Bing dan Yandex.

Untuk mengakses internet tentunya kita membutuhkan sebuah browser/mesin penjelajah. Salah satu browser yang banyak digandrungi saat ini adalah Google Chrome.

Secara default, settingan mesin pencari pada Chrome adalah Google. Namun ada kalanya kita tidak sengaja mengubahnya atau ada sebuah ekstensi yang terinstall lalu mengubahnya menjadi Search Engine lain Misalanya Yahoo.

Lantas bagaimana cara mengubahnya kembali dari Yahoo ke Google? 

Silahkan simak langkah-langkah berikut dengan seksama dan ikuti step by step-nya dengan teliti.

Cara Mengubah Yahoo ke Google di Laptop

Adapun langkah-langkah Cara Mengubah Search Engine dari Yahoo Menjadi Google di Chrome adalah sebagai berikut.

1. Buka Google Chrome

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuka Google Chrome pada Laptop atau Komputer milikmu. Tunggu hingga terbuka sempurna dan tampilannya seperti berikut.

Cara Mengubah Yahoo menjadi Google

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar, pada address bar (kolom untuk memasukan link URL) tertulis Yahoo sebagai default search engine pada browser. Untuk mengubahnya menjadi Google lanjut ke tahap kedua.

2. Masuk Ke Menu Pengaturan

Step ke 2 yaitu masuk ke menu Setting atau pengaturan Browser Google Chrome. Caranya yaitu dengan meng-klik ikon garis titik tiga (┇) disamping icon profil E-mail, kemudian klik menu "Setting". Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

3. Pilih Menu Search Engine

Langkah ketiga. Pada tampilan setting/ pengaturan Google Chrome klik tanda garis 3 () kemudian akan muncul beberapa pilihan menu. Silahkan kamu pilih menu "Search Engine", maka tampilan pengaturan search engine pun akan muncul.

4. Ubah Pengaturan Search Engine

Tahap selanjutnya yaitu mengubah pengaturan search engine-nya dari Yahoo menjadi Google. Caranya yaitu tinggal klik saja kolom pilihan yang berada sejajar dengan kata "Search engine used in the address bar ...". Ubah dari Yahoo menjadi Google. Lihat gambar beriut.

Cara Mengubah Yahoo ke Google

Sampai pada tahap ini kamu sudah berhasil mengubah pengaturan default pencarian Google Chrome dari Yahoo menjadi Google.

5. Lakukan Tes Pencarian

Silahkan kamu coba lakukan tes pencarian dengan memasukan kata kunci pada address bar. Jika hasil pencarian yang muncul adalah dari Google maka tutorial ini berhasil.

Namun apabila masih gagal dan masuk ke Yahoo, kemungkinan masalahnya ada pada extension yang terinstall pada Browser Chrome yang kamu miliki.

Untuk cara mengatasinya kamu tinggal lihat extension apa saja yang sudah terinstall, kemudian hapus ekstensi yang kira-kira menyebabkan seacrh engine default kamu menjadi Yahoo.

6. Selesai

Sampai tahap ini kita telah berhasil mengubah settingan pencarian Yahoo ke Google pada Chrome.

Cara Mengubah Yahoo Menjadi Google

Pertanyaan Cara Mengubah Yahoo Menjadi Google seringkali dituliskan oleh pengguna pada mesin pencarian Google.

Jawabannya adalah sama seperti yang telah saya jelaskan diatas. Namun berikut akan saya uraikan kembali tahapannya dalam versi singkat.

Berikut adalah cara mengubah Yahoo menjadi Google

  1. Buka Chrome
  2. Masuk ke Pengaturan
  3. Klik Mesin Telusur
  4. Ubah Yahoo menjadi Google
  5. Selesai.

Langkah sederhana diatas merupakan jawaban dari berbagai macam pertanyaan yang memiliki makna sama, seperti:

Cara Mengganti Yahooo ke Google

Mengganti pengaturan search engine dari Yahoo ke Google pada Chrome bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah saya paparkan pada tulisan diatas.

Cara Merubah Yahoo ke Google

Pertanyaan semacam ini juga sering orang cari pada mesin pencari Google. Jadi, memang banyak orang yang ternyata mengalami hal seperti ini. So, anda tidak sendirian.

Cara Mengubah Mesin Pencarian dari Yahoo ke Google

Silahkan ikuti tutorial yang telah saya paparkan diatas agar settingan pencarinnya berubah dari Yahoo ke Google.

Demikian artikel Cara Mengubah Yahoo Menjadi Google pada Search Engine Chrome, semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan jelas. Kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Jika ada pertanyaan seputar cara mengubah settingan default pencarian pada Google Chrome, atau masih ada yang kurang jelas silahkan tuliskan pada kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih.