Folder Foto WhatsApp Image Hilang dari Galeri & File Manager

Penyebab kenapa Folder WhatsApp Image Hilang dari Galeri dan File manager Android 11 beserta cara mengembalikan/memunculkan kembali.
Folder WhatsApp Hilang + Cara Mengembalikannya

Setelah melakukan update sitem operasi ponsel ke Android 11 tentunya sobat akan mengalami kendala, yaitu hilangnya Folder WhatsApp pada Galeri maupun Penyimpanan Internal. Hal tersebut tentunya akan membuat sobat bingung dan penasaran kemana kah perginya file WhatsApp tersebut.

Namun tenang saja, tentunya kamu tidak sendirian. Banyak orang yang mengeluhkan masalah serupa pada media sosial dan menanyakan bagaimana cara memunculkannya kembali.

Seperti yang kita tahu, folder WA (WhatsApp) tersebut berisi file-file media seperti foto, video, dokumen, audio dan juga riwayat pesan yang terenkripsi.

Lantas bagaimana cara mengakses Folder WhatsApp pada Android 11?

Oke, pada postingan ini akan saya jelaskan apa penyebab hilangnya Folder WhatsApp dan dimana letak folder WA tersebut pada Android 11. Simak artikelnya berikut ini.

Folder Foto WhatsApp Image Hilang dari Galeri & File Manager

Folder WhatsApp Hilang pada Android 11 merupakan akibat dari kebijakan Google yang membatasi akses pengguna kedalam data aplikasi. Tujuannya adalah agar untuk menjaga ponsel dari tindak kejahatan ilegal dan juga menjaga privasi.

Namun sobat jangan berkecil hati folder WhatsApp tersebut bukan dihapus, melainkan berpindah tempat. Lokasi Folder WhatsApp pada Android 11 adalah di Penyimpanan Internal / Android / Media / com.whatsapp

Cara Memunculkan Album Foto & Video WhatsApp di Galeri

Untuk memunculkan kembali album foto dan video WhatsAppp di Galeri ponsel Android, silahkan ikuti langkah-langkah berikut!
  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Tekan tanda titik tiga ⠇ pada pojok kanan atas
  3. Pilih Setelan
  4. Klik Menu Chat
  5. Aktifkan Tampilkan Media
  6. Selesai
Catatan:
Jika ponsel sobat berbahasa inggris maka urutannya adalah tanda titik tiga > Settings > Chats > Aktifkan Media Visibility.

Apabila sobat mengikuti tutorial diatas dengan benar, maka Album WhatsApp pun akan kembali muncul pada Galeri. Silahkan cek saja sendiri. Namun jika masih belum muncul silahkan ulangi lagi tutorial diatas dan ikuti dengan teliti.

Sampai tahap ini selamat karena telah berhasil mengembalikan album foto dan video WhatsApp yang sebelumnya tersembunyi. Jika ada yang kurang dimengerti jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar. Semoga Membantu.